Monday, December 5, 2016

MANFAAT WUDHU UNTUK KESEHATAN


Wudhu menurut istilah diartikan sebagai kegiatan mensucikan diri (sebelum shalat) dengan membasuh muka, tangan, kepala, dan kaki menggunakan air suci dan mensucikan.
Jenis jenis air yang bisa disebut suci dan mensucikan adalah air hujan, air sumur, air laut, air sungai, air lelehan salju, air kolam.
Wudhu bukan hanya sebagai sarana menyucikan diri namun memiliki manfaat yang lebih luas. Manfaat yang diperoleh tidak hanya dilihat dari segi unsur spiritual/ keagamaan saja, sebagaimana yang telah diuraikan dalam artikel sebelumnya, namun wudhu juga bermanfaat secara universal sebagai berikut :
1. Jika dilihat secara keagamaan, wudhu yang paling utama adalah untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah shalat dan membaca Al Quran. Selain itu membersihkan kotoran secara spiritual, bagian luar tubuh akan mengalami pembersihan dari kotoran dan debu yang menempel pada tubuh ketika beraktifitas.
2. Wudhu menjaga kesehatan tangan, tangan sebagai salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan ketika melakukan wudhu terdiri dari jari tangan, kuku, telapak tangan, bagian punggung tangan, pergelangan tangan, lengan bawah dan lengan atas.
Dengan membersihkan tangan secara menyeluruh melalui proses wudhu, maka kebersihan tangan kita akan terjaga melebihi manfaat dari mencuci tangan biasa. Meskipun tidak menggunakan sabun, namun beberapa jenis kuman yang menempel pada tangan akan bersih dan dapat hilang karena kita melakukan prosesi pencucian tangan dengan berulang-ulang.
3.Wudhu dapat menyegarkan tubuh, hal ini disebabkan oleh manfaat air yang mendinginkan dan dapat menyegarkan. Karena tubuh menjadi segar, rasa kantuk dan lelah jadi hilang, dan konsentrasi pikiran akan terjaga.
4. Wudhu bisa menjadi media relaksasi, tubuh kita yang terkena percikan air selain merasa segar akan merasakan kenyamanan dan rileks. Kondisi relaksasi ini juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, antara lain dapat menghilangkan stres dan beban pikiran, meningkatkan konsentrasi dan tidak gegabah.
Maka dari itu disarankan bagi kita untuk melakukan wudhu tidak hanya sebelum melakukan ibadah shalat, namun kapanpun juga ketika kita merasakan gejala yang membutuhkan proses relaksasi, insyaallah kita akan dapat dari manfaat wudhu.
5. Wudhu mampu menyegarkan wajah, sebagai salah satu bagian tubuh yang utama dalam penampilan kita adalah wajah, kondisi wajah yang kusam,kaku dan terlihat suram akan menyebabkan anda merasa tidak percaya diri dan mungkin dijauhi. Namun, untuk mencegahnya kita dapat mencerahkan wajah dengan melakukan wudhu.
Biasanya setelah melakukan wudhu, kondisi wajah akan menjadi cerah dan cemerlang. Karena kotoran wajah akan menjadi cerah dan cemerlang. Karena kotoran serta debu yang menempel di wajah dapat hilang sehingga menjadi lebih enak untuk dipandang.
Beberapa dokter kecantikan juga menyarankan menggunakan air wudhu sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan kesehatan wajah. Kita bisa melakukan wudhu sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan wajah kita dan mencegah menumpuknya bakteri pada wajah.
6. Wudhu dapat menjaga kehatan mulut, bagian tubuh yang ikut mengalami pembersihan adalah mulut, yaitu dengan berkumur. Berkumur menggunakan air segar dapat membantu menjaga kesehatan mulut kita. Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari berkumur ketika melakukan wudhu antara lain membunuh kuman yang ada di mulut, mempercepat penyembuhan sariawan, dan mengurangi bau mulut.
7. Wudhu mampu menjaga kesehatan telinga, dengan melakukan pembersihan pada telinga ketika berwudhu kita akan mendapatkan telinga kita menjadi bersih dan tentunya dengan selalu menjaga kebersihan telinga maka kesehatan telingapun akan selalu terjaga, jenis radang radang telinga yang disebabkan oleh kotoran pada telinga akan mudah untuk dicegah.

Ternyata manfaat wudhu tidak hanya bisa kita peroleh dari segi spritual keagamaan saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Ayo kita biasakan selalu menjaga wudhu agar kita  bisa mendapat semua manfaat yang di berikan dari wudhu.
Dari segi spiritual keagamaan, manfaat wudhu bisa dibaca di sini :
http://islammenakjubkan.blogspot.co.id/2016/12/manfaat-wudhu.html

___semoga kita semua selalu diberikan kemudahan untuk melakukan kebaikan___

1 comment:

  1. Which sports to bet on in 2021? - Sporting 100
    As 토토사이트 the sport of soccer continues to gain popularity and has evolved, the most popular betting method of betting on football matches is soccer (betting

    ReplyDelete