Friday, December 2, 2016

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa membaca satu huruf dalam kitab Allah maka ia mendapatkan satu kebaikan. Satu kebaikan berlipat sepuluh kali. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi Sali satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf’” .(HR At-Tirmidzi)
Membaca Al-Quran termasuk dzikir yang paling baik. Al-Quran adalah kitab Allah yang tidak memuat sedikitpun kebatilan. Siapa yang berkata berdasarkan Al-Quran pasti ia benar. Siapa yang menghukum dengan landasan Al-Quran, ia pasti adil. Siapa yang berdoa dengan Al-Quran, ia pasti diberi petunjuk pada jalan yang lurus.
Rasulullah mengumpamakan orang yang meninggalkan Al-Quran, tidak memahami kandungan Al-Quran sedikit pun, dan tidak menerangi hatinya dengan Al-Quran, bagaikan rumah yang runtuh. Rasulullah SAW bersabda :”Sungguh, orang yang dalam hatinya tidak terbesit secuil pun dari Al-Quran bagaikan rumah yang runtuh”. (HR At-Tirmidzi)
Membaca Al-Quran akan memberikan syafaat bagi kita di hari kiamat. Rasulullah bersabda : “Bacalah oleh kalian Al-Quran. Karena ia (Al-Quran) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya.” (HR Muslim)
Al Quran juga sangat dianjurkan diperdengarkan untuk janin yang ada di dalam kandungan. lebih lebih dibacakan langsung oleh ibu dari janin tersebut. bacaan Al Quran akan menstimulasi kecerdasan otak janin yang masih bisa berkembang selama masa pertumbuhan di dalam kandungan. pada dasarnya janin yang menginjak usia 6 bulan akan memulai fase pembelajaran pertama di dalam kandungan. untuk itu dalam masa-masa tersebut janin akan mendengar dengan jelas setiap suara yang diperdengarkan. Bahkan pada usia tersebut janin juga akan memberikan respons terhadap apapun yang diperdengarkan. Jika selama ini kita mengetahui bahwa memperdengarkan musik klasik seperti mozart dapat memberikan peningkatan kecerdasan janin, satu hal yang perlu kita ketahui bahwa membaca Al Quran pun juga dapat meningkatkan kecerdasan otak janin jauh lebih baik lagi.
Anak-anak yang terbiasa mendengarkan bacaan Al Quran akan memiliki daya ingat yang tinggi. Ingatan yang tajam menjadikan anak ini mudak untuk menghafal, terutama hafalan Al Quran. Selain kecerdasan dalam hal hafalan, anak-anak yang terbiasa diperdengarkan bacaan Al Quran semenjak di dalam kandungan juga akan memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi.

Subhanallah, itu hanyalah sebagian kecil keutamaan membaca Al-Quran dari begitu banyak keutamaan lainnya yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk kita. Ayo lebih dekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara selalu melafalkan firman-firmannya. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang akan mendapat syafaat dari AL-Quran di hari akhir nanti.


_____membaca Al Quran membuat hati tenang_____

No comments:

Post a Comment