Wednesday, October 16, 2019

KEUTAMAAN SHALAT DHUHA


Shalat sunnah Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang sangat istimewa, betapa tidak, ada banyak keutamaan jika seorang muslim rutin mengerjakannya. Sholat ini terkenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rizki kepada Allah SWT.

Sebagai umat islam selayaknya kita senang melaksanakan amal ibadah termasuk shalat sunnah Dhuha. Beberapa keutamaan dari banyak keutamaan shalat sunnah ini bisa kita simak di bawah;

1. Pahalanya Seperti Bersedekah
Melaksanakan Shalat sunnah Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan sedekah. Sedekah yang dimaksud yaitu sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita Ikhlas melaksanakannya. Sebagaimana disampaikan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW :
"Disetiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (Lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan dua Rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu".

2. Mendapat Pahala Haji dan Umrah 
Umat muslim yang melaksanakan shalat Dhuha dengan tekun akan mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda,
"Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (subuh) berjamaan, kemudian ia duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia Shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna."

3. Menggugurkan Dosa
Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah Shalat Dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut yang memperkuat hal ini, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda,
"Barangsiapa yang menjaga Shalat Dhuha, maka dosa dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan." (HR.Tirmidzi).

4. Dibuatkan Pintu Khusus di Surga
Keutamaan lain yang dijanjikan Allah bagi muslim yang tekun melaksanakan shalat Dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga, yaitu pintu yang dinamakan pintu Dhuha. dengan demikian maka sangat jelas bahwa orang yang tekun mengerjakan shalat Dhuha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah SWT hingga dibuatkan pintu khusus untuk memasuki surga. Rasulullah bersabda dari ABu Hurairah ra,
"Sesungguhnya disurga ada salah sati pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." ( HR. Thabrani).

5. Dicukupi Kebutuhannya
Tak dipungkiri lagi bahwa semua kalangan singkat mengartikan bahwa shalat Dhuha dilakukan untuk memohon rizki dari Allah SWT. Selain hal tersebut Allah juga berjanji pada setiap muslim yang rajin melaksanakan Shalat Dhuha untuk mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya. Janji Allah tersebut dapat ditemukan dalam sebuah Hadist qudsi, Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman : "Wahai anak Adam, cukupkanlah bagi-Ku empat rakaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu.""

Akhirnya, mudah mudahan kita semua termasuk orang orang muslim yang rajim melaksanakan banyak ibadah dan kebaikan, termasuk shalat sunnah Dhuha yang kita tau banyak keutamaannya.
Semoga kita selalu istiqomah dalam melaksanakan shalat sunnah ini.. aamiin..

No comments:

Post a Comment